Thursday, November 22, 2012

Punclut - Wisata Kuliner Tradisional Sunda

~ Punclut ~

Punclut, kawasan dataran tinggi di kota Bandung ini memberikan pesona tersendiri. Sekitar tahun 90an Puncak Ciumbuleuit atau biasa disebut Punclut ini terkenal dengan pasar tumpahnya yang biasa ramai dikunjungi di hari Minggu pagi. Pasar ini tidak berbeda dengan pasar-pasar yang lainnya hanya saja saat itu sering dikunjungi oleh banyak orang sebagai tujuan berolah raga pagi seperti hiking ringan, karena memang jalan akses punclut ini terhitung jalanan yang naik dan banyak tanjakan. Jalannya pun masih tanah dan dan apabila kita lewati dengan berjalan kaki sangat sulit karena tanah dari jalan akses tersebut sering menempel baik di sandal maupun sepatu dengan cukup tebal sehingga berjalanpun menjadi sangat berat.






Pasar Minggu Pagi

Ada yang berbeda dengan kawasan Punclut saat ini. Jalan yang diperlebar dan beraspal menjadikan kendaraan baik roda dua maupun roda empat bisa melewati kawasan ini. Kawasan yang menghubungkan antara Ciumbuleuit hingga ke lembang ini menjadi kawasan yang unik dan layak untuk dikunjungi karena menyuguhkan berbagai macam wisata terutama Kuliner.



 Wisata Kuliner


Wisata kuliner Punclut menjadi kawasan favorit remaja Kota Bandung. Selain makanan yang disuguhkan adalah makanan khas makanan Sunda yang bervariasi dengan harga cukup murah juga kawasan ini menyuguhkan pemandangan Kota Bandung yang dapat dilihat dari warung-warung makan ditambah udara yang sejuk karena terletak di dataran tinggi.

Dulu kawasan yang hanya ramai di Hari Minggu bahkan hanya pada saat pagi hingga siang hari, sekarang kawasan yang unik ini dapat dikunjungi setiap hari bahkan hingga tengah malam karena warung-warung makan ini tetap buka dan selalu ramai dikunjungi terutama oleh remaja-remaja Kota Bandung.



Akses Jalan

Tidak akan menyesal datang ke kawasan ini, jalan akses yang bisa dilalui baik dari Ciumbuleuit maupun Lembang ini cukup mampu mengurangi kepenatan Kota Bandung. Hanya saja kalo weekend, kawasan ini cukup ramai dan padat karena menjadi tujuan favorit, dan tetap selalu hati-hati karena jalan aksesnya selain tanjakan dan turunan tajam dengan lebar jalan hanya cukup dilalui tepat dua mobil. So be careful but always enjoy it.....

No comments:

Post a Comment